Saturday, February 9, 2019

SEPUTAR PEMBAHASAN SOAL DAN PENYELESAIAN JURNAL UMUM

Selamat Datang dan Terima Kasih Telah Berkunjung

Seputar Pembahasan Soal dan Penyelesaian Jurnal Umum

Oleh Nirwan


AKUNTANSI


Hai Sobat Nirwana 😁, Salam sejahtera bagi kita semua. Kita balik lagi ya.. di blog Seputar Catatan Unik & Akademik {Bang Nirwana}. Kabarnya gimana Sobat ?, baik aja kan, harapannya sih moga baik aja ya, dan tetap menjadi kebanggaan Orangtua serta Guru - guru di sekolah.

Kali ini blog Seputar Catatan Unik & Akademik {Bang Nirwana} bakal punya bahasan ajar buat kita sekalian, terutama buat Siswa - Siswi kelas X yang bakal naik ke jenjang kelas XI jurusan IPS di tingkat SMA/sederajat. Nah, kalo sobat pernah duduk di Bangku kelas X pasti ketemu sama yang namanya mata pelajaran Ekonomi, apalagi di kelas X biasanya masih dasar dan secara umum masih dikenalkan pada mata pelajaran yang berbau campuran baik berupa materi IPA maupun IPS. Di Pelajaran Ekonomi kelas X, Sobat tentunya masih belum tau apa saja cabang-cabang dari Ilmu Ekonomi yang demikian bakal ditemui setelah naik ke jenjang kelas berikutnya hingga lulus di SMA tercinta. Oleh karenanya, blog ini bakal mengajak sobat untuk mengenal lebih dulu apa salah satu cabang Ilmu dari Ekonomi yang bakal kita bahas kali ini. Cabang tersebut adalah ilmu Akuntansi atau saya biasa mengenalnya dengan ilmu yang selalu di ribetkan pada kegiatan jurnal-menjurnal atau pembukuan serta laporan keuangan di perusahaan. Untuk mengenal lebih dalam terhadap apa yang dimaksud dengan Akuntansi, Sobat bisa mengunjungi https://id.m.wikipedia.org/wiki/Akuntansi.






Nah, terus apa saja yang bakal Sobat pelajari dari Akuntansi. Beberapa yang perlu Sobat ketahui di dalam Akuntansi, Sobat bakal dikenalkan mengenai materi persamaan Akuntasi, Jurnal Umum, Buku Besar, Neraca Saldo, Ayat Jurnal Penyesuaian dan seterusnya baik di dalam perusahaan jasa maupun di dalam perusahaan dagang. Perlu diketahui pula bahwa Perusahaan Dagang yaitu Perusahaan yang dimana di dalamnya bergerak suatu usaha membeli barang dagang dan menjual barang itu kembali kepada pelanggan tanpa mengubah bentuk atau zat asli dari barang tersebut. Sedangkan, Perusahaan Jasa yaitu usaha yang menyediakan atau mengerjakan kebutuhan bagi pelanggannya melalui bentuk jasa. Tetapi, pada kesempatan kali ini kita bakal mencoba membahas Jurnal Umum untuk perusahaan jasa yang ada di kelas XI SMA melalui bentuk Soal yang telah disediakan oleh blog Seputar Catatan Unik & Akademik {Bang Nirwana} secara sebelumnya.


Jurnal Umum merupakan bentuk paling dasar dari berbagai macam jenis jurnal yang ada di dalam akuntansi. Untuk memperjelas materi, mari kita membahas bentuk-bentuk soal jurnal umum sebagai berikut.


Perhatikan kegiatan transaksi yang dilakukan oleh PT. Bengkel Niscaya pada bulan Agustus 2017 berikut :

1.Pada tanggal 1 Agustus 2017 ,PT. Bengkel Niscaya menyetorkan uang tunai sebesar Rp 60.000.000,00 sebagai modal awal pada perusahaan.

2.Pada tanggal 3 Agustus 2017, PT. Bengkel Niscaya kembali melakukan pembelian peralatan sebesar Rp 1.500.000,00 untuk mendukung perusahaannya. Transaksi tersebut dilakukan secara kredit.

3.Pada tanggal 17 Agustus 2017, PT. Bengkel Niscaya telah menerima pendapatan jasa dari pelanggan Rp 9.000.000,00

4.Pada tanggal 19 Agustus 2017, PT. Bengkel Niscaya membeli perlengkapan sebesar Rp 5000.000,00 untuk menunjang perusahaannya.Transaksi dilakukan secara tunai.

5.Pada tanggal 20 Agustus 2017, dibayar gaji karyawan perusahaan sebesar Rp 6.500.000,00

6.Pada tanggal 23 Agustus 2017, pemilik perusahaan mengambil uang pribadi untuk keperluan sebesar Rp 950.000,00

Buatlah jurnal umum untuk transaksi yang terjadi dan dilakukan oleh PT. Bengkel Niscaya diatas !

Langsung Saja ya Sobat jawabannya. Berikut bentuk Jurnal Umum pada PT.Bengkel Niscaya dari Soal diatas.




Nah, untuk itu mari kita bahas bagaimana penyelesaian bentuk Jurnal Umum tersebut berdasarkan Soal. Perhatikan pembahasan soal berikut ini.


Pembahasan soal.

Tanggal 1 Agustus 2017 menunjukkan bahwa transaksi tersebut dilakukan oleh PT. Bengkel Niscaya dengan menyetorkan modal sebagai modal awal perusahaannya sebesar Rp 60.000.000,00 . Hal ini akan menyebabkan akun kas bertambah dan modalpun bertambah sebesar uang yang telah disetorkan tersebut, yakni masing-masing Rp 60.000.000,00. Adapun posisi akun kas yaitu di debit sedangkan modal di kredit.

Tanggal 3 Agustus 2017, diketahui bahwa PT. Bengkel Niscaya telah melakukan pembelian peralatan untuk mendukung usahanya secara kredit sebesar Rp 1.500.000,00. karena pembelian peralatan dilakukan secara kredit, artinya pembelian telah di lakukan secara sistem hutang atau di bayar secara berkala. hal ini tentunya menyebabkan peralatan akan bertambah akibat pembelian sedangkan hutang akan bertambah pula masing-masing sebesar Rp 1.500.000,00. adapun posisi akun peralatan terletak di debit dan hutang usaha di kredit dalam kolom jurnal umum.

Tanggal 17 Agustus 2017, PT. Bengkel Niscaya telah menerima pendapatan jasa atas jasa yang telah dikerjakan dari pelanggan sebesar Rp 9.000.000,00. hal ini menyebabkan kas dan pendapatan jasa dari perusahaan telah bertambah masing-masing sebesar Rp 9.000.000,00 karena perusahaan telah menerima hasil pendapatan atas jasa yang dilakukan kepada pelanggan. Adapun posisi akun kas berada di debit sedangkan akun pendapatan jasa berada di kredit .

Tanggal 19 Agustus 2017, PT. Bengkel Niscaya kembali membeli perlengkapan sebesar Rp 5.000.000,00 secara tunai/kas. Hal ini tentunya menyebabkan perlengkapan yang dibeli akan bertambah sebesar Rp 5.000.000,00 di perusahaan dan kas akan berkurang sebesar Rp 5.000.000,00 akibat pembelian perlengkapan  yang di beli secara tunai. Sedangkan posisi akun perlengkapan di dalam jurnal umum terletak disisi debit dan sebaliknya akun kas ditempatkan di sisi kredit.

Tanggal 20 Agustus 2017, PT. Bengkel Niscaya telah diketahui melakukan pembayaran gaji kepada karyawan sebesar Rp 6.500.000,00. hal ini menyebabkan munculnya akun beban gaji sebesar Rp  6.500.000,00 dan kas berkurang Rp  6.500.000,00. Adapun posisi akun beban gaji di Jurnal umum berada di sisi debit dan kas disisi kredit.

Tanggal 23 Agustus 2017, pemilik dari perusahaan PT. Bengkel Niscaya telah menarik uang untuk keperluan pribadi sebesar Rp 950.000,00. Hal tersebut mengakibatkan munculnya akun prive sebesar Rp 950.000,00 dan kas menjadi berkurang sebesar Rp 950.000,00. Sedangkan didalam kolom jurnal umum akun prive berada di posisi debit dan kas di kredit.

Berikut merupakan bentuk dari Jurnal umum  PT. Bengkel Niscaya yang telah disusun seperti diatas.






Demikianlah pembahasan kita kali ini ya Sobat Nirwana, Moga bermanfaat dan selamat belajar.



Sumber : www.gambaranimasi.org






Selamat Beraktivitas Kembali Untuk Anda ..


* Berikan respon Anda terhadap topik ini, Klik disini :
http://www.strawpoll.me/17597367/r



Hubungi / Chat Admin Blog SCUA {Bang Nirwana} 👇 : Atau juga :

1 comment:

  1. numpang share ya min ^^
    buat kamu yang lagi bosan dan ingin mengisi waktu luang dengan menambah penghasilan yuk gabung di di situs kami www.fanspoker.com
    kesempatan menang lebih besar yakin ngak nyesel deh ^^,di tunggu ya.
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete

"Jadilah orang yang pertama kali berkomentar, kami siap mengapresiasi dan menerima masukan dari saudara. Terima Kasih"

Silahkan berkomentar secara bijak dan sopan dengan tidak saling menyudutkan / menyinggung pihak lain, menggunakan kata kasar maupun kotor, saling spam dan mengandung unsur SARA.

Anda juga dapat mengirim pesan melalui via Whatsapp dengan cara mengklik ikon Whatsapp yang telah tertera diatas jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.. 🤗

Postingan Terbaru

Mahasiswa KKN-T UPR Sosialisasikan dan Bagikan Perlengkapan Protokol Kesehatan kepada Masyarakat Desa Masaran

Palangka Raya - Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali mengadakan kegiatan KKN-T Reguler Periode II di sejumlah daerah yang ada ...

Postingan Populer